14 Jun 2012

Wejangan KH. Hasyim Asy’ari tentang Zaman Akhir (2)

Melanjutkan wejangan dari KH. Hasyim Asy’ari tentang zaman akhir yang terangkum dalam kitab “Risalah Ahl as-Sunnah wa al-Jama’ah”.Menurut beliau, dengan mendasarkan pada hadits-hadits Rasulullah SAW, diantara tanda-tanda itu adalah tatkala orang-orang shalih banyak yang meninggal dan yang tinggal hanyalah sisa-sisa manusia yang keshalihannya jauh dari generasi awal. Diumpamakan, seperti ampas gandum atau kurma.  (Dikutip dari hadits riwayat imam Ahmad &imam Bukhari).

Tanda yang lain adalah ketika persoalan zuhud dan wara’ hanyalah cerita, kisah, dan bahan perbincangan semata, sedangkan niai dan praktiknya tidak terwujud dalam kehidupan umat manusia.  KH. Hasyim Asy’ari mendasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh imam Nu’iam.

Selanjutnya, sebagian tanda zaman akhir adalah tatkala kehadiran anak justru menjadi pemicu kemarahan orang tua, hujan justru menjadi sebab panas, dan orang-orang yang memiliki tabiat buruk justru melimpah. Ini menunjukkan bahwa keadaan berubah dan yang terjadi adalah kebalikannya. Tatkala sesuatu yang diharapkan menjadi sumber kebaikan justru menjadi awal keburukan.

Pertanda zaman akhir yang lain yang disampaikan oleh hadlratusyeikh KH. Hasyim Asy’ari adalah tatkala satu wilayah dipimpin oleh orang-orang munafik dan yang diangkat menjadi pemimpin justru orang-orang yang memiliki kualitas karakter dan kepribadian yang rendah. Di saat alam kehidupan ini telah menemui hal-hal tersebut, maka zaman itu telah dekat dengan zaman akhir. Semoga wejangan KH. Hasyim Asy’ari tersebut dapat menjadi peringatan dan renungan kitabersama.
(Ahmad Munir, dikembangkan dari kitab “Risalah Ahl as-Sunnah wa al-Jama’ah”). 



rating : 5 by : Team Tanbih on:
Author : Ahmad Munir
Save to PDF

0 komentar:

Posting Komentar