18 Des 2012

10 Ciri-ciri atau kriteria Aliran Sesat

Saat ini terdapat banyak sekali aliran-aliran yang tidak jelas bahkan terkadang banyak yang menjurus kepada kesesatan. Terlebih di Indonesia dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, aliran-aliran baru ini bermunculan seakan kurang terkendali (walau ada beberapa yang ditangkap aparat). Ada yang menganggap ini adalah sesuatu hal baru yang menarik, adapula yang menganggap hal ini bisa membahayakan bagi kelangsungan kehidupan agama Islam di Indonesia. Ada beberapa permasalahan mengapa banyak aliran sesat bermunculan di Indonesia.
  1. Setelah Nabi Muhammad SAW wafat, terjadi beberapa penyimpangan di dalamm dunia Islam yang dilakukan oleh orang-orang yang keluar dari syari'at Islam, seperti contoh munculnya nabi palsu musailamah al kadzab, dan lain-lain.
  2. Karena Indonesia adalah negara dengan penduduk islam terbesar di dunia. Hal ini dapat dilihat dari kuota haji yang mencapai 211 ribu jamaah haji yang berasal dari Indonesia, karena kuota adalah 1:1000, maka dapat dihitung penduduk Islam di Indonesia sudah mencapai 211 juta. Bandingkan dengaan malaysia yang hanya 25 ribu saja. Tapi permasalahannya adalah walaupun Indonesia mempunyai penduduk Islam terbesar di dunia pada kenyataannya yang benar-benar melaksanakan syari'at Islam atau benar-benar beribadah kepada Allah hanya sekitar 20% atau hanya sebagian kecil saja.
  3. Karena terbesar di dunia, maka ada pihak asing yang tidak senang dan ingin menghancurkan agama Islam di Indonesia. Hal ini terbukti dengan kejadian beberapa waktu silam tertangkapnya salah satu pemimpin aliran yang ternyata tidak bisa baca tulis Al Qur'an..! Terungkapnya salah satu aliran yang ternyata dibiayai dari pihak asing luar negeri yang memusuhi Islam.
Terdapat 10 kriteria suatu aliran dikatakan sesat, yang dinukilkan dari hasil Lokakarya MUI Propinsi DIY 2012 :
  1. Mengingkari salah satu rukun iman dan salah satu rukun Islam
  2. Meyakini/mengikuti akidah yang tidak sesuai dengan dalil syar'i.
  3. Meyakini turunnya wahyu setelah Al Quran
  4. Mengingkari kebenaran isi Al Qur'an
  5. Melakukan penafsiran Al Quran yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu Tafsir
  6. Mengingkari Al Hadits
  7. Menghina atau melecehkan para Nabi dan Rasul
  8. Mengingkari bahwa Nabi Muhammad SAW adalah Nabi yang terakhir
  9. Merubah, menambah, mengingkari pokok-pokok ibadah yang sudah ditetapkan syar'i
  10. Mengkafirkan umat muslim yang lain tanpa disertai dasar dalil-dalil syar'i yang kuat
Dari 10 kriteria tersebut ada sebuah pertanyaan, bagaimana jika orang tersebut tidak mengkafirkan tapi memusyrikkan muslim yang lain? nah..
(oleh KHM. Thohari, Pengasuh PonPes Qur'aniy pada acara pembinaan elemen dakwah Masyarakat KemenAg Kab. Gunungkidul tanggal 17 Des 2012 di Landas Masjid Al Ikhlas Wonosari GK)



rating : 5 by : Team Tanbih on:
Author : Tim Tanbih
Save to PDF

0 komentar:

Posting Komentar